.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Satuan Pendidikan :
SMP Negeri 2 Penebel
Mata Pelajaran :
Prakarya ( Kerajinan )
Kelas / Semester :
VII / satu
Materi Pokok : Kerajinan dari bahan alam
Alokasi Waktu : 4 x pertemuan (8 JP)
A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun,
percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan
alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah
konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah
abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan
yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
B. Kompetensi Dasar dan
Indikator Pencapaian Kompetensi
No
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
3
4
3
4.
3
4
3
4
|
3.1 memahami pengetahuan tentang jenis, sifat,
karakter, dan teknik pengolahan serat dan
tekstil
4.1 Menentukan jenis bahan dan teknik pengolahan
serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah
setempat (misalnya
rumput/ilalang, kapas, bulu
domba, kulit kayu,kain, tali
plastik dan lain-lain
3.2memahami
pengetahuan tentang prinsip
perancangan,pembuatan, dan penyajian
produk
kerajinan dari bahan serat dan tekstil
yang
kreatif dan inovatif
4.2
merancang,membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil
yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daera h setempat (misalnya
rumput/ilalang,kapas, bulu domba,
kulit kayu,kain, tali plastik dan lain-lain)
3.3
menentukan jenis bahan dan teknik
pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan
potensi daerah setempat tentang prinsip
perancangan,pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan
plastik lembaran yang kreatif dan inovatif
4.3
menentukan pilihan jenis bahan dan
teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi
daerah setempat
3.4memahami
pengetahuantentang prinsip perancangan,pembuatan dan penyajian produk
kerajinan dari bahan tekstil yang kreatif dan inovati
4.4 merancang,
membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan
potensi daerah setempat
|
3.1.1Peserta
didik mampu mengidentifikasi jenis dan
karakteristik bahan serat alam
31.2
Peserta didik mampu mengidentifikasi serat hewan dan tumbuhan
41.1Peserta
didik mampu menentukan bahan serat alam dari tumbuhan untuk membuat kerajinan
bunga mawar dari mengolah daun pandan.
41.2
Peserta didik mampu mengidentifikasi serat hewan dengan mampu memberi contoh
dilingkungan wilayah setempat.
3.2.1
Peserta didik mampu memahami pengolahan bahan serat
32.2
Peserta didik mampu memberi contoh kongrit pengolahan bahan serat
4.2.1 Peserta
didik mampu merancang,membuat, dan
menyajikan produk kerajinan dari bahan serat alam dan dari bahan alami dari
kayu stik ,bambu ,tanah liat sesuai potensi wilayah
42.2
Peserta didik mampu membuat kerajinan vas bunga dari bambu ,asbak,bunga,vas
dari tanah liat ,rumah pos jaga dari stik kayu.
3.3.1
peserta didik mampu memahami produk dan proses kerajinan bahan serat
3.3.2
peserta didik mampu memahami kemasan produk kerajinan bahan serat
3.3.3
peserta didik mampu memahami contoh proyek kerajinan bahan serat
4.3.1 Peserta
didik mampu melakukan teknik dan langkah kerja kerajinan dari kertas jagung
4.3.2
peserta didik mampu menyiapkan bahan dan langkah kerja dan membuat kerajinan
bunga mawar dan tulip dari kertas jagung dan kertas warna
3.4.1
Peserta didik mampu memahami fungsi dan prinsip kerja tekstil
3.4.2
peserta didik memahami jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
3.4.3
peserta didik mampu memahami proses produk kerajinan tekstil serta kemasannya
4.4.1
peserta didik mampu menentukan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
4.4.2
peserta didik mampu mengidentifikasi
proses produksi kerajinan tekstil
4.4.3
peserta didik membuat kerajinan tekstik seperti sulam ,dan jahit aplikasi
sebagai tugas proyek mandiri.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian proses pembelajaran cara
pembuatan kerajinan dari bahan alam dengan tehnik pilin,desain gambar diharapkan
peserta didik dapat:
1. Menunjukkan rasa syukur atas keberagaman produk kerajinan
di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan dengan rasa bangga
2. Menunjukkan dan menggali informasi tentang keberagaman karya
kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk
Indonesia
3. Mengidentifikasi pengolahan dan proses
produksi kerajinan bahan serat
4. Menentukan jenis – jenis dan karakteristik
kerajinan tekstil
5. Memilih proses produksi kerajinan tekstil
dan mengemasnya dengan bentuk tugas proyek
PPK :
beranggung jawab ,kerja sama dan disiplin
D.Materi Pembelajaran
Materi Reguler
Materi
adalah sebuah desain atau rancangan yang menggambarkan pikiran
pokok
dari pembahasan yang terkandung dalam buku. Pikiran pokoknya pada bagian ini
adalah
Kerajinan Serat. Pembahasan kerajinan serat dibagi menjadi 4 yaitu; pengertian
kerajinan
serat, jenis dan karakteristik kerajinan serat, pengolahan bahan serat, serta
produk
dan proses kerajinan serat. Guru bisa menyampaikan apa, mengapa, bagaimana
tentang
kerajinan serat yang ada di Indonesia sebagai kekayaan budaya. Pada
pembahasan
Bab 1, peserta didik diperlihatkan gambar-gambar aneka produk kerajinan
serat.
Peserta didik ditugaskan mengamati gambar. Guru dapat menggali lebih jauh
tentang
setiap gambar.
Kerajinan
serat yang akan dipelajari oleh peserta didik pada semester 1 ini merupakan
kerajinan
serat yang dapat berupa bahan serat sehingga dihasilkan berbagai macam
produk
kerajinan, karena selama ini orang mengenal serat hanya untuk bahan baku
tekstil.
Sesungguhnya dalam arti luas serat lebih banyak difungsikan seagai produk
kerajinan
yangberaneka ragam. Pembagian serat itu sendiri dalam disiplin ilmu serat
ada
yang berasal dari mineral, namun pada bagian ini kita tidak akan bahas mengenai
hal
tersebut, karena teralu jauh untuk dipahami peserta didik. Peserta didik akan
mudah
memahami
hal-hal yang dipelajari jika sumber belajarnya dekat dengan lingkungan
peserta
didik iu sendiri.
Jika
menyebut istilah serat, beberapa orang akan menganggap bahan-bahan yang
berubah
herbal yaitu dari tumbuhan. Bahkan kemungkinan peserta didik mengingat
serat
adalah sejenis makanan. Guru dapat menyampaikan bahwa istilah serat dipakai
oleh
banyak kalangan sebagai pengetahuan yang dapat diartikan secara spesifik dari
keilmuan
yang dibahas. Oleh sebab itu penting untuk mengingatkan kepada peserta
didik untuk tetap fokus kepada pembahasan bahan serat sebagai
bahan dasar produk kerajinan.
- Jenis serat
Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam
pembuatan benangdan kain. Sebagai bahan baku dalam pembuatan benang dan
kain,serat memegang peranan penting. Sifat serat akan mempengaruhi sifatbenang
atau kain yang dihasilkan, baik dari pengolahan secara mekanikmaupun pengolahan
secara kimia. Bahan baku tekstil ini merupakanbahan pembuat pakaian dan
kebutuhan lain. Pembahasan kita kali iniadalah tentang bahan serat sebagai
bahan baku kerajinan tekstil.
Jenis Serat Bahan serat alamdapat digolongkan menjadi
tiga jenis,yaitu yang berasal dari tumbuhan,hewan, dan mineral. Dalam hal ini
kita akan mempelajari dan fokus padabahan dari tumbuhan dan hewan saja.
- Sifat serat dan tekstil
- Karakter serat dan tekstil
Karakteristik bahan serat alam yang menjadi perhatian
adalah padapermukaan seratnya, seperti kehalusan, kekuatan, daya serap, dan
kemuluran atau elastisitas. Bahan tekstil dari selulosa (kapas) memiliki beberapa
karakteristik seperti, bahan terasa dingin dan sedikit kaku, mudah kusutmudah
menyerap keringat, rentan terhadap jamur, dan mudah terbakar.
PENGERTIAN KERAJINAN
TEKSTIL
Kerajinan
tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil
sebagai bahan utama. Tekstil adalah bahan
yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan
untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dari
pengertian tekstil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan/produk
tekstil meliputi produk serat, benang, kain, pakaian dan berbagai jenis
benda yang terbuat dari serat. Pada umumnya bahan tekstil dikelompokkan menurut
jenisnya sebagai berikut: 1. Berdasar jenis produk/bentuknya: serat staple,
serat filamen, benang, kain, produk jadi (pakaian / produk kerajinan dll)
2. Berdasar jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, serat campuran 3.
Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar 4. Berdasarkan
jenis kontruksinya: tenun, rajut, renda, kempa. benang tunggal, benang gintir.
KONSEP DASAR KERAJINAN TEKSTIL
A.Prinsip-Prinsip
Seni
Tidak
semua produk yang berbahan utama tekstil bisa disebut sebagai karya seni, sebab
perwujudannya harus memenuhi prinsip-prinsip berikut:
a.Unity
(kesatuan)
, suatu
benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan
perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
b.Complexity
(kerumitan)
, suatu
benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam
pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu
seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan
c.Intensity
(kesungguhan)
, suatu
benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang
kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai
itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang
ditampilkan secara sungguh-sungguh.
C. DESAIN KERAJINAN TEKSTIL
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni
akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan
tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan
desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau
penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu
rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa
susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada
berbagai benda yang ada di lingkungan kita.
- Teknik pengolahan serat dan tekstil
Materi Pembelajaran
Pengayaan
a.Jenis dan karakteristik bahan
serat alam tumbuhan dan hewan
b.Pengolahan dan proses kerajina
bahan serat alam
c.Jenis dan karakteristik kerajinan
tekstil
d.Proses produksi kerajinan tekstil
Materi Pembelajaran
Remidial
a.
Meriview
jenis dan karakteristik bahan serat
b.
Meriview
jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
E. Metode Pembelajaran
1. Metode ilmiah (Scientific Methode)
F. Media Pembelajaran
1.Media : vidio: kerajinan merangkai bunga pandan ,bunga mawar dan tulip
2016 .Tersedia di internet dengan
alamat
http//youtube.com,diunduh 22 juli 2017
Vidio kerajinan tanah liat ,bambu
2017,di internet dengan alamat
http//youtube.com,diunduh
22 juli 2017
Vidio tekstil dan batik 2017,di internet dengan alamat
http//youtube.com,diunduh
22 juli 2017
2.Alat
dan bahan : kardus,papan kayu,gelas,tanah
liat,air,plastik,kuas,
gunting,cutter,penggaris,pensil,karton,lem,cat.benang ,kain kasa
halus,penyangga kain.
G. Sumber Belajar
Sumber belajar
ditulis mengikuti acuan berikut:
1.Kemendikbud 2016.
Prakarya SMP/MTS Kelas VII. Kemendikbud RI di Jakarta, (hal 6-81).
2.Kemendikbud 2016.
Buku Guru Prakarya SMP/MTS Kelas VII.Kemendikbud (hal 1-25).
3.Situs internet
,vidio kerajinan http/youtube.2016 Kerajinan
bunga mawar dari
pandan,kerajinan bungan dari kertas jagung
,tekstil diunduh 22 juli 2017
3.Kermendikbud no 20 – 24 tahun 2017
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Pertemuan Pertama : 2 jp
1. Kegiatan Pendahuluan ( 18 menit )
a. Pendidik
mengucapkan salam, mengecek kehadiran,mengajak peserta didik untuk mengecek
kerapian meja dan kursi serta kebersihan kelas dalam mengondisikan suasana
belajar yang menyenangkan yang dilanjutkan dengan doa, dengan meminta salah satu siswa untuk memimpin
di depan kelas (menghargai ketrampilan siswa / PPK).
b. Peserta didik siap untuk mengikuti proses
pembelajaran dengan diberi motivasi dari pendidik membaca buku yang sudah
disiapkan tentang bahan alam yang bisa
dibuat untuk kerajinan dan masuk ke kelas tepat waktu (PPk disiplin )
c. Peserta didik menjelaskan cakupan pembelajaran serat alam
baik serat hewan dan tumbuhan dan contoh ,mengamati serat alam dan cara
pengolahan kerajinan dari bahan alam.dan teknik penilaian yang akan digunakan
d.Peserta didik menjelaskan cakupan pembelajaranjenis dan karakteristik
tekstil dan
contoh
mengamati serat alam dan cara pengolahan kerajinan dari bahan
alam.dan
teknik penilaian yang akan digunakan
e. Pendidik
memberi motivasi kepada peserta didik meminta menyimak penjelasan
mengenai
manfaat mempelajari satuan pokok pembuatan kerajinan bunga mawar dari
daun pandan ,bunga dari kertas jagung ,tulip
dari kertas jagung ,berbagai vas dari bambu
,asbak
,bunga dari tanah liat yang di dapat dari bahan alam
2. Kegiatan Inti ( 60 menit )
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi
pendidik melakukan langkah-langkah :
1.Mengamati:
-Pendidik menayangkan vidio jenis dan
karakteristik kerajinan serat alam
-Peserta didik mengamati proses pembuatan
kerajinan bunga mawar dari pandan ,tanah liat dengan tehnik pilindan membuat
catatan – catatan kecil terkait hal – hal yang menarik dan belum diketahui dari
apa yang diamati.
2.Menanya:
- Peserta didik merumuskan pertanyaan – pertanyaan tentang bahan serat alam
dan
terkait hal – hal yang belum diketahui
proses dan pengemasan poduk kerajinan
bahan
serat
Peserta
didik diskusi cara memilih daun pandan yang bagus ,tanah liat sebelum
membuat
karya
3.Mengumpulkan data atau informasi
-Peserta didik
membaca secara cermat buku siswa dan lks ,mengamati tayangan vidio
,berdiskusi kelompok ,untuk ,memahami
pengetahuan tentang pengertian ,jenis ,bahan ,saran ,kerajinan serat alam
-Secara berkelompok peserta didik mengisi latihan
lks (hal 13-15) no A
4.Mengasosiasikan
/menganalisisi data /informasi :
-
Peserta
didik secara berkempok dengan bimbingan pendidik menggunakan informasi dan data
– data yang sudah dikumpulkan membuat sebuah kesimulan pada sebuah selembaran
kertas terkait dengan pengertian ,jenis ,karakteristik kerajina serat alam
5.Mengkomunikasikan :
- Peserta
didik mempresentasikan kesimpulan yang sudah dibuat tentang pengertian ,jenis
dan karakteristik kerajina serat alam
3. Kegiatan Penutup ( 12 menit )
Pada kegiatan penutup pendidik :
a.
Peserta
didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang
kerajinan dari bahan serat alam.
b.
Peserta
didik diberikan arahan tentang pemahaman tehnik pilin atau pounch
c.
Peserta
didik diberikan arahan tentang membuat melipat daun pandan ,memotong
stik
kayu ,memotong bambu untuk vas bunga.
d. Pendidk memberikan pertanyaan lisan kepada
siswa tentang bahan alam ,serat hewan dan tumbuhan ,kerajinan yang akan dibuat
peserta didik.Menanyakan bahan dan alat yang akan disiapkan untuk membuat
prakarya yang akan dibuat pesrta didik dan membentuk kelompok dikelas..
c. Pendidik melakukan penilaian dengan teknik
yang sudah ditentukan
Meminta umpan
balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah
pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.
e.
Pendidik
memberitahu pembelajaran remidi yaitu membuat kerajinan bahan serat
f.
Pendidik
memberitahu pembelajran pengayaan yaitu membuat ringkasan tentang jenis dan
teknis kerajinan serat alam.
g.
Pendidik
memberikan PR kepada peserta didik untuk melakukan observasi untuk memperoleh
data terkait kerajina bahan serat alam.
h.
Peserta
didik diberi tugas membaca buku,vidio you tube dan literatur lain yang
berkaitan
teknik-tehnik pembuatan gerabah,membuat
mawar dari pandan ,stik kayu
,dan vas bambu.
i.
Pendidik memberikan informasi kepada peserta didik tentang materi/kompetensi yang
akan dipelajari pada pertemuan
berikutnya dan doa
Pertemuan 2
1. Kegiatan Pendahuluan
(18 Menit )
a. Berdoa dan mengecek kehadiran
peserta didik.
b. Peserta didik siap untuk mengikuti proses
pembelajaran dengan diberi motivasi
c. Peserta didik menyiapkan bahan dan
alat dengan mempertimbangkan keselamatan kerja
sebelum pembuatan mawar daun
pandan ,tanah liat ,stik kayu ,vas bambu dimulai
kemudian guru mengecek alat dan
bahan karya peserta didik.
d. Pendidik menjelaskan cara penilaian kerajinan yang
dibuat sesuai pilihan peserta didik.
e Pendidik menjelaskan cakupan
pembelajaran mencipta kerajinan yang
akan dikerjakan peserta didik dan teknik penilaian.
Kegiatan inti ( 50 menit )
Kegiatan
|
Langkah
pembelajaran
|
||
Pendidik menyajikan kembali beberapa video proses
pembuatan kerajian bunga mawar dari daun
pandan,st,stik kayu ,tanah liat,vas bamboo yang mereka sudah pilih untuk dibuat
kerajinan
Contoh :
Penilaian
HOTS ( muncul di penilaian)
1.
Kenapa dipilih daun pandan yang ukuran
panjang bisa hasilkan bunga mawar yang bagus dan besar?
2.
Apa alasan daun pandan sebagai bahan
alam sebagai salah satu kerajinan yang di bentuk bunga ?
3.
Kenapa daun pandan dipilih sebagai
kerajinan bunga untuk digunakan sebagai seserahan perkawinan?
|
Orientasi terhadap masalah
|
||
Pendidik melakukan penilaian praktek membuat mawar dari daun pandan
dengan memfasilitasi satu bangku disiapkan daun pandang ,benang sudah
dipotong ataukah karet dan gunting
|
Organisasi belajar
|
||
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan
data/informasi (pengetahuan,
konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan
jenis bahan alam yang digunakan dan bagaimana teknik pengolahan pada kerajinan tersebut
|
Penyelidikan individual maupun
kelompok
|
||
Guru membimbing peserta didik
untuk menentukan penyelesaian
masalah yang paling tepat dari berbagai
alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik
menyusun hasil penyelesaian masalah dengan mengerjakan menyajikan secara singkat video yang
diberikan oleh guru.
|
Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
|
||
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses
penyelesaian masalah yang dilakukan.
|
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah
|
a. Peserta didik diskusi mengenai kerajinan
yang mereka pilih
b.Peserta didik membuat bunga
mawar dari daun pandan dan membuat seperti buket
,merapikan asbak /bunga
yang dibuat dari tanah liat ,merapikan potongan stik kayu
,menggambar pola di vas
bungadari bambu.
c.Peserta didik melakukan diskusi menjemur gerabah yang selanjutnya di cat ,menambah
asesoris stik kayu ,memvernis vas
bambu .
Dokumentasi Kegiatan
inti pertemuan 2
Cara membuat bunga
mawar dari pandan
Alat bahan : daun pandan,
benang,gunting
Ambil daun pandan ,bentuk seperti
bunga mawar ,lalu ikat dengan benang.
Lalu rangkai hasil bunga mawar
pandan dan taruh di vas
Contoh Membuat benda kerajinan dari tanah liat
dengan tehnik pilin atau pinch
1. Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan
kerajinan dari bahan tanah liat dengan tehnik pilin: Spons, papan kayu, tempat air ( gelas plastik),minyak kelapa.
2. Bahan yang diperlukan untuk pembuatan
kerajinan dari tanah liat dengan tehnik pilin:tanah liat,air.
3. Membuat kerajinan dari tanah liat dengan
tehnik pilin
Bahan:
1. Tanah liat
2. Air
3.minyak kelapa
4.cat dan kuas
Alat :
1. Papan kayu
3. Gelas plastik
Cara membuat:
1. Siapkan bahan dan alat diatas meja
2. Siapkan air
,minyak kelapa bentuk tanah liat sesuai desain / pola
3 . Setelah selesai ,angin-anginkan karya
yang masih basah ,langsung dijemur agar cepat kering
Cara membuat
kerajinan dari stik kayu rumah - rumahan
Alat dan bahan :
stik kayu ,lem,gunting ,cutter ,desain
Cara membuat kerajinan vas bambu
Alat dan bahan :
bambu,gergaji ,cutter ,amplas,pulpen ,vernis,parang.
Cara membuat :
potong gergaji bambu setelah diukur berapa ukuran vas yang akaan dibuat ,lalu
kerik dengan cutter sampai bersih,dan diamplas biar merata dan halus .Bentuk
pola dengan pulpen lalu desain,lalu divernish
3.Kegiatan
Penutup ( 12 menit )
a.
Peserta didik
dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pembuatan
kerajinan tanah liat dengan tehnik pounch ,
Peserta didik
diberikan manfaat tentang pembuatan gerabah dengan tehnik lain,kerajinan stik
kayu ,mawar pandan,vas bambu
b.
Memberikan
pertanyaan singkat kepada siswa tentang teknik pilin.alat dan bahan apa saja
disipakan untuk kerajinan yang mereka buat dan cara membuatnya.
c.
Meminta umpan
balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah
pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.
d.
Peserta didik
diberi tugas membaca buku,internet dan literatur lain yang berkaitan teknik
pembuatan gerabah,kerajinan stik kayu .
e.
Berdo’a dan atau
salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
Pertemuan 3 ( 8 Menit )
1. Kegiaatan Pendahuluan
a. Peserta didik dan pendidik berdoa dan menanyakan
kehadiran peserta didik yang tidak
hadir..
b. Peserta
didik siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan diberi motivasi dari
pendidik.
c. Peserta didik menyiapkan bahan dan
alat dengan mempertimbangkan keselamatan kerja
sebelum pembuatan bunga,alat dan
karya peserta didik.
d.Pendidik menjelaskan tentang
Praktek Pembuatan bunga mawar dan cara kerja
kelompok
e. Pendidik menjelaskan cakupan
pembelajaran tentang Praktek pembuatan bahan alam
kreasi bunga mawar dan tulip
dari kertas jagung untuk hiasan
2. Kegiatan inti ( 60 menit )
a.Pendidk menegecek bersama peserta
didik mengamati alat dan bahan yang dibawa
b.Peserta didik menanyakan cara cepat
membuat satu bunga dan tangkai
c.Peserta didik
memulai membuat tangkai ,memotong kertas jagung membentuk pola
d.Peserta didik
menyusun dan mengelem pola bunga yang mereka potong
e.Peserta didik melaksanaan membuat buket bunga dan menyusun di botol bekas
minuman
Contoh cara membuat bunga mawar atau bunga
tulip dari kertas jagung
Alat dan bahan :
kertas jagung warna – warni ,lem ,gunting,pensil , penggaris,koran bekas,lidi
3. Kegiatan Penutup ( 12 menit )
a.
Peserta didik
dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pembuatan
bunga dari kertas jagung
Peserta didik
diberikan kesempatan berkelompok
b.
Memberikan
pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang pola untuk bunga
c.
Meminta umpan
balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah
pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberiwawasan lebih pada peserta didik.
d.
Peserta didik
diberi tugas membaca buku dan literatur ,internet yang berkaitan dengan
pembuatan kerajinan bunga dari daun
e.
Berdo’a dan
atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (8 Menit )
a. Pendidik dan oeserta didik berdoa
dan mengecek kehadiran peserta didik.
b. Peserta didik siap untuk mengikuti
proses pembelajaran dengan kompetensi yang akan dicapai.
c. Pendidik menjelaskan
cakupan pembelajaran tentang berbagai jenis dan prosesnya
2. Kegiatan inti ( 60 menit )
a.Pendidik menyajikan vidio tentang tekstil dan beberapa proses pembatikan
b.Peserta didik mengamati vidio yang
ditayangkan tentang tekstil
c. Mengumpulkan data atau informasi
-Peserta didik
membaca secara cermat buku siswa dan lks ,mengamati tayangan vidio
,berdiskusi kelompok ,untuk ,memahami
pengetahuan tentang pengertian ,jenis ,bahan ,saran ,kerajinan serat alam
-Secara berkelompok peserta didik mengisi latihan
lks (hal 20-23)
d. Peserta didik diskusi tentang kerajinan
tekstil yang diketahui
e.Peserta didik diskusi
kerajinan tekstil yang pernah mereka beli di pasar
f. Peserta didik membuat langkah kerja cara menyulam dengan benang
g. Peserta didik merencanakan disain kerajinan
tekstil dari perca atau menyulam
3. Kegiatan Penutup ( 12 menit )
a.
Peserta didik
dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang kerajinan
tekstil
b.
Memberikan
pertanyaan singkat kepada siswa tentang tekstil yang secara umum dan kerajinan
yang sudah pernah mereka kerjakan.
c.
Meminta umpan
balik pada peserta didik tentang
kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik,
menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
d.
Peserta didik
diberi tugas membaca buku,internet dan
literatur lain yang berkaitan teknik tekstil di indonesia
e.
Berdo’a dan
atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.
I.
Penilaian
1.
Sikap spiritual
a.
Teknik : observasi
b.
Bentuk
instrumen : lembar observasi
c.
Instrumen : Instrumen untuk guru Lampiran
1
d. Instrumen untuk peserta didik Lampiran 2
Kisi-kisi
Indikator
|
Butir Penilaian
|
1.
Cinta
tanah air
2.
Rasa
syukur
3.
Menjaga
lingkungan hidup
|
1
2 - 3
4 - 5
|
2.
Sikap sosial
a. Teknik :
observasi
b. Bentuk nstrumen : lembar observasi
c. Instrumen : Instrumen untuk guru Lampiran 1
d. Instrumen observasi peserta didik Lampiran 3
e. Kisi-kisi
Indikator
|
Butir Penilaian
|
1.
Jujur
2.
Kerjasama
3.
Toleransi
|
1
2 - 3
4 - 5
|
3. Pengetahuan
b. Teknik Penilaian : Tes tertulis
c. Bentuk instrument : Tes uraian
d. Instrumen : Terlampir (Lampiran 4)
a. Kisi-kisi
Indikator
|
Butir Penilaian
|
1.
Mendiskripsikan
2.
Menjelaskan
3.
Memahami
4.
Analisis
|
1
2
3
4 - 5
|
4. Keterampilan
a.Teknik : observasi
b.Bentuk
instrument : lembar observasi
c. Instrumen : Terlampir (instrumen 5)
d. Kisi-kisi
Aspek Keterampilan
|
Butir Penilaian
|
1.
Ide/gagasan
2.
Kreatifitas
3.
Kesesuaian prosedur kerja
4.
Uji
karya
5.
Estetika
6.
Bentuk
pelaporan
7.
Presentasi
8.
Sikap
|
Soal uji kinerja
|
Lampiran 1
Pedoman Pengamatan Guru
Lembar
Penilaian di atas disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik yang mencakup
aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan untuk mengisi lembar
observasi ini pada proses pembelajaran berlangsung.
Contoh Lembar Observasi Penilaian
Spiritual dan Sosial
No.
|
Nama Peserta Didik
|
Butir penilaian
|
|||||||
Spiritual
|
Sosial
|
Jml Skor
|
Nilai akhir (NA) atau Skor
rerata
|
||||||
Cinta tanah air
|
Rasa syukur
|
Menjaga lingkungan hidup
|
Jujur
|
Kerjasama
|
Toleransi
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
||||
1
|
|||||||||
2
|
|||||||||
3
|
|||||||||
4
|
|||||||||
5
|
|||||||||
6
|
|||||||||
7
|
|||||||||
8
|
|||||||||
9
|
|||||||||
Dst
|
|||||||||
- Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan Skor
kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan
- Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali (A) : apabila memperoleh
skor 19 - 24
Baik (B) : apabila memperoleh skor 13
- 18
Cukup (C) : apabila memperoleh skor 7
- 12
Kurang (D) : apabila memperoleh skor 1 - 6
·
Nilai
Akhir = Jumlah Skor
Jumlah
butir aspek yang dinilai
Lampiran 2
Contoh Lembar
penilaian sikap spiritual dalam kerja kelompok
Berilah nilai
untuk anggota kelompokmu! Berilah nilai 4 bila baik sekali, sebaliknya berilah
nilai 1 bila kurang atau sangat jelek! ! Jumlahkan hasil penilaian untuk memperoleh
nilai teman kalian!
No
|
Nama Siswa
|
No Presensi
|
Hal yang dinilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
Keterangan : Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
|
2
|
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
|
3
|
Menghargai kemampuan teman ketika praktek
|
4
|
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
|
5
|
Menjaga lingkungan kegiatan praktik
|
Lampiran 2
Contoh Instrumen Sikap Sosial
Contoh Lembar
penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Berilah nilai
untuk anggota kelompokmu! Berilah nilai 4 bila sangat baik, sebaliknya berilah
nilai 1 bila kurang atau sangat jelek! Jumlahkan hasil penilaian untuk
memperoleh nilai teman kalian!
No
|
Nama Siswa
|
No Presensi
|
Hal yang dinilai
|
|||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
Jumlah
|
|||
1
|
||||||||
2
|
||||||||
3
|
||||||||
4
|
Keterangan : Hal yang dinilai
No
|
Hal yang dinilai
|
1
|
Mengemukakan perasaan
terhadap sesuatu apa adanya
|
2
|
Terlibat aktif dalam bekerja
bakti membersihkan kelas atau sekolah
|
3
|
Kesediaan melakukan tugas
sesuai kesepakatan
|
4
|
Dapat menerima kekurangan
orang lain
|
5
|
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu
apa adanya
|
Lampiran 2. Contoh; Test Uraian.
Teknik Penilaian : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen : Tes Uraian
CONTOH SOAL URAIAN
Petunjuk:
v
Berdoalah
sebelum mengerjakan soal
v
Jawablah
pada lembar jawaban yang telah disediakan
v
Selesaikan
soal berikut dengan singkat dan jelas
A.
Soal
1. Sebutkan alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan
bunga mawar dari daun pandan dan
kerajinan bunga mawar dari kertas jagung
dan cara membuatnya?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
2. Sebutkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan
dari kayu stik dan vas
bamboo dan cara membuat kerajinannya ?
...............................................................................................................................
3.Sebutkan alat –alat dan bahan membuat gerabah/tanah liat dan hasil
kerajinannya ?
.........................................................................................................................................................
4.Jelaskan serat alam yang kamu ketahui
dari tumbuhan dan hewan ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.Jelaskan secara singkat kerajinan tekstil yang kamu ketahui ?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................
B.
Kunci Jawaban
1.Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan dari bunga mawar
pandan yaitu daun pandan ,benang/karet,pilih pandan yg ukuran sedang atau
panjang,lalu dilipat ikuti bentuk bunga mawar sampai terbentuk bunga mawar.
alat dan bahan bunga mawar dari kertas jagung : kertas jagung warna
merah,pink,kuning,daun kertas jagung hijau ,stik/batang dari Koran
bekas,lem,gunting,benang.caranya ,gunting kertas jagung dengan pola hurup b
setelah dilipat 10 lalu Koran dilipat dimulai dari ujung sampai terbentuk
seperti pipet,lilit dengan kertas jagung hijau yg telah digunting de lebar
sesuai kertas jagung lebar 2 cm,lalu lem dililit sampai terbentuk batnag
hijau,pola hurup b di lilit 3 kali
setelah dilem membentuk bunga mawar,sampai terbentuk seperti bunga mawar.
2.Bahan yang diperlukan untuk pembuatan kerajinan dari stik kayu/es krim
yaitu : stik kayu,lem,gunting,cutter.desain pola/gamabar, tehnik membuat potong
stik sesuai pola missal hasilnya rumah post/jaga ,bokor dll.
Bahan vas bamboo : bamboo,gergaji,amplas,cutter,pulpen untuk gambar
pola,las,vernis.cara buatnya bamboo diukur sesuai panjang yg
dikehendaki,gergaji lalu kerik bersihkan dengan cutter ,kemudian amplas sampai
bersih,dibentuk pola,las,lalu di vernis.
3,Alat –alat dan bahan yang diperlukan dalam pembakaran gerabah: tanah
liat,alas katon /kardus,desain gerabah,air,minyak kelapa,kompor/tungku api
,kayu bakar,sekam,minyak gas,korek api. Cara membuat ambil tanah liat lalu
pinch/pijat dan tekan sampai kalis,campurkan sedikit air ,minyak kelapa setelah
kalis ,lalu bentuk pola yang dibuat misalnya : asbak ,piala ,vas,kendi
kecil,model aturan bali ,piring ,bunga.Setelah jadi dijemur ,di cat.
4. Jenis Serat Bahan serat alam dapat digolongkan menjadi tiga
jenis,yaitu yang berasal dari tumbuhan,hewan, dan mineral.serat tumbuhan.Serat
adalah potongan potongan panjang yang membentuk jaringan panjang.contoh serat
alam :,serat tumbuhan ada dari daun
pandan ,nenas , dari biji kapas ,pohon oaks.Serat hewan yakni didapat dari bulu
hewan seperti domba untuk benang woll.
5.Kerajian tekstil : batik,kain perca ,sulam benang ,batik painting
,tulis ,kerajian hias seperti baju batik ,sepatu ,tas,dompet ,bed cover ,tirai
,sarung bantal ,gantungan kunci dll.
·
Pedoman Penilaian:
A. Kriteria Pensekoran:
1. Setiap
butir soal memiliki rentang skor 1-10
2. Total
skor apabila semua jawaban benar adalah 50
B. Kriterian
Penilaian:
a. Perolehan Skor 1 -12 ;
nilai = 1
b. Perolehan Skor 13-25 ; nilai = 2
c. Perolehan Skor 26-38 ; nilai = 3
d. Perolehan Skor 39-50 ; nilai = 4
Lampiran 3.
Instrumen Ketrampilan (Kinerja)
SOAL ATAU TUGAS
UJI KINERJA
1. Buatlah Kerajinan dari bahan alam
dengan tehnik pilin
2. Buatlah inovasi benda pakai dengan
tehnik pilin
a.
Ketentuan
desain adalah sebagai
berikut:
Bahan:
·
Bahan
berasal dari tanah liat.
b.
Waktu
pengerjaan : 80 menit
c.
Aspek
yang dinilai :
·
Ide
atau gagasan
·
Kinerja
alat
·
Estetika
·
Sikap
selama proses dan pembuatan produk
Contoh Lembar Observasi Penilaian Kinerja
Mata Pelajaran :
Prakarya (Kerajinan)
Nama Proyek : Pembuatan kerajinan dari bahan kertas
jagung /tisu
Alokasi Waktu :10 x 40 menit
Kelas/Semester : VII/ 1
Tahun Pelajaran : ...
ASPEK KINERJA YANG DINILAI
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
Proses
|
Produk
|
Sikap
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
No
|
Nama siswa
|
Ide gagasan
|
Kreativitas
|
Keseuaian materi, teknik dan prosedur
|
Nilai Akhir 1
|
Uji karya
|
Estetika
|
Bentuk pelaporan
|
Presentasi
|
Nilai Akhir 2
|
Mandiri
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Nilai
Akhir 3
|
Jumlah
Skor
|
Nilai
Akhir (huruf)
|
||||||||||||||||||||||||||||||
50%
|
35%
|
15%
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1
|
2
|
3
|
4
|
|||||||
1
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
2
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
3
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
4
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
5
|
||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||||
6
|
Keterangan Kriteria
penilaian:
- Pedoman pensekoran:
- Skor terentang antara 1-4
1. Skor 1 , kategori Kurang
2. Skor 2, kategori Cukup
3. Skor 3, kategori Baik
4. Skor 4, Kategori Sangat baik
- Pedoman penilaian:
Nilai Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%
Nilai Akhir 2 (NA 2)
: Jumlah skor produk x 35%
Nilai Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%
Nilai Akhir = NA 1 + NA 2 + NA3
|
- Konversi nilai:
Nilai 0 - 1, huruf D
Nilai 1,1 - 2, huruf C
Nilai 2,1 - 3, huruf B
Nilai 3,1 - 4, huruf A
Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Penebel
I MADE SUARNATHA
ATMAJA, S.Pd
|
Penebel, 13 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,
LUH GEDE RUSFEMINA,S.Pd
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar