Sabtu, 09 Desember 2017

RPP PRAKARYA SMT 1 TAHUN 2017 KELAS 7



.RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Satuan Pendidikan    : SMP Negeri 2 Penebel
Mata Pelajaran          : Prakarya ( Kerajinan )
Kelas / Semester        : VII / satu
Materi Pokok             : Kerajinan dari bahan alam
Alokasi Waktu           :  4 x pertemuan (8 JP)

A. Kompetensi Inti
1. Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
2. Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
 4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori

B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi

No
Kompetensi Dasar
Indikator Pencapaian Kompetensi



3







       
4














3












4.













3














4











3













4



3.1  memahami pengetahuan tentang jenis, sifat, karakter, dan teknik pengolahan serat dan   tekstil   






4.1  Menentukan  jenis bahan dan teknik pengolahan serat/tekstil yang sesuai dengan potensi daerah
      setempat  (misalnya
      rumput/ilalang, kapas, bulu
      domba, kulit kayu,kain, tali plastik dan lain-lain


  





3.2memahami pengetahuan tentang prinsip
       perancangan,pembuatan, dan penyajian produk
       kerajinan dari bahan serat dan tekstil yang     
       kreatif dan inovatif








4.2 merancang,membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat/tekstil yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daera h setempat (misalnya rumput/ilalang,kapas, bulu   domba, kulit kayu,kain, tali plastik dan lain-lain)  








3.3 menentukan  jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan
 potensi daerah setempat tentang prinsip perancangan,pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan kertas dan plastik lembaran yang kreatif dan inovatif








4.3 menentukan pilihan  jenis bahan dan teknik pengolahan kertas dan plastik lembaran yang sesuai dengan potensi daerah setempat








3.4memahami pengetahuantentang prinsip perancangan,pembuatan dan penyajian produk kerajinan dari bahan tekstil yang kreatif dan inovati










4.4 merancang, membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan kertas tekstil  yang kreatif dan inovatif, sesuai dengan potensi daerah setempat













3.1.1Peserta didik mampu mengidentifikasi  jenis dan karakteristik bahan serat alam

31.2 Peserta didik mampu mengidentifikasi serat hewan dan tumbuhan


41.1Peserta didik mampu menentukan bahan serat alam dari tumbuhan untuk membuat kerajinan bunga mawar dari mengolah daun pandan.
41.2 Peserta didik mampu mengidentifikasi serat hewan dengan mampu memberi contoh dilingkungan wilayah setempat.




3.2.1 Peserta didik mampu memahami pengolahan bahan serat
32.2 Peserta didik mampu memberi contoh kongrit pengolahan bahan serat






4.2.1 Peserta didik  mampu merancang,membuat, dan menyajikan produk kerajinan dari bahan serat alam dan dari bahan alami dari kayu stik ,bambu ,tanah liat sesuai potensi wilayah

42.2 Peserta didik mampu membuat kerajinan vas bunga dari bambu ,asbak,bunga,vas dari tanah liat ,rumah pos jaga dari stik kayu.

3.3.1 peserta didik mampu memahami produk dan proses kerajinan bahan serat

3.3.2 peserta didik mampu memahami kemasan produk kerajinan bahan serat

3.3.3 peserta didik mampu memahami contoh proyek kerajinan bahan serat



4.3.1 Peserta didik mampu melakukan teknik dan langkah kerja kerajinan dari kertas jagung

4.3.2 peserta didik mampu menyiapkan bahan dan langkah kerja dan membuat kerajinan bunga mawar dan tulip dari kertas jagung dan kertas warna

3.4.1 Peserta didik mampu memahami fungsi dan prinsip kerja tekstil

3.4.2 peserta didik memahami jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

3.4.3 peserta didik mampu memahami proses produk kerajinan tekstil serta kemasannya

4.4.1 peserta didik mampu menentukan jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

4.4.2 peserta didik mampu  mengidentifikasi proses produksi kerajinan tekstil


4.4.3 peserta didik membuat kerajinan tekstik seperti sulam ,dan jahit aplikasi sebagai tugas proyek mandiri.



C. Tujuan Pembelajaran
Setelah peserta didik mengikuti serangkaian proses pembelajaran cara pembuatan kerajinan dari bahan alam dengan tehnik pilin,desain gambar diharapkan peserta didik dapat:
1.      Menunjukkan  rasa syukur atas keberagaman produk kerajinan di daerah setempat sebagai anugerah Tuhan dengan rasa bangga
2.      Menunjukkan dan  menggali informasi tentang keberagaman karya kerajinan daerah setempat sebagai wujud cinta tanah air dan bangga pada produk Indonesia
3.      Mengidentifikasi pengolahan dan proses produksi kerajinan bahan serat
4.      Menentukan jenis – jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
5.      Memilih proses produksi kerajinan tekstil dan mengemasnya dengan bentuk tugas proyek

PPK  : beranggung jawab ,kerja sama dan disiplin

D.Materi Pembelajaran
Materi Reguler

Materi adalah sebuah desain atau rancangan yang menggambarkan pikiran
pokok dari pembahasan yang terkandung dalam buku. Pikiran pokoknya pada bagian ini
adalah Kerajinan Serat. Pembahasan kerajinan serat dibagi menjadi 4 yaitu; pengertian
kerajinan serat, jenis dan karakteristik kerajinan serat, pengolahan bahan serat, serta
produk dan proses kerajinan serat. Guru bisa menyampaikan apa, mengapa, bagaimana
tentang kerajinan serat yang ada di Indonesia sebagai kekayaan budaya. Pada
pembahasan Bab 1, peserta didik diperlihatkan gambar-gambar aneka produk kerajinan
serat. Peserta didik ditugaskan mengamati gambar. Guru dapat menggali lebih jauh
tentang setiap gambar.
Kerajinan serat yang akan dipelajari oleh peserta didik pada semester 1 ini merupakan
kerajinan serat yang dapat berupa bahan serat sehingga dihasilkan berbagai macam
produk kerajinan, karena selama ini orang mengenal serat hanya untuk bahan baku
tekstil. Sesungguhnya dalam arti luas serat lebih banyak difungsikan seagai produk
kerajinan yangberaneka ragam. Pembagian serat itu sendiri dalam disiplin ilmu serat
ada yang berasal dari mineral, namun pada bagian ini kita tidak akan bahas mengenai
hal tersebut, karena teralu jauh untuk dipahami peserta didik. Peserta didik akan mudah
memahami hal-hal yang dipelajari jika sumber belajarnya dekat dengan lingkungan
peserta didik iu sendiri.
Jika menyebut istilah serat, beberapa orang akan menganggap bahan-bahan yang
berubah herbal yaitu dari tumbuhan. Bahkan kemungkinan peserta didik mengingat
serat adalah sejenis makanan. Guru dapat menyampaikan bahwa istilah serat dipakai
oleh banyak kalangan sebagai pengetahuan yang dapat diartikan secara spesifik dari
keilmuan yang dibahas. Oleh sebab itu penting untuk mengingatkan kepada peserta
didik untuk tetap fokus kepada pembahasan bahan serat sebagai bahan dasar produk kerajinan.
      • Jenis serat
Serat merupakan bahan baku yang digunakan dalam pembuatan benangdan kain. Sebagai bahan baku dalam pembuatan benang dan kain,serat memegang peranan penting. Sifat serat akan mempengaruhi sifatbenang atau kain yang dihasilkan, baik dari pengolahan secara mekanikmaupun pengolahan secara kimia. Bahan baku tekstil ini merupakanbahan pembuat pakaian dan kebutuhan lain. Pembahasan kita kali iniadalah tentang bahan serat sebagai bahan baku kerajinan tekstil.
Jenis Serat Bahan serat alamdapat digolongkan menjadi tiga jenis,yaitu yang berasal dari tumbuhan,hewan, dan mineral. Dalam hal ini kita akan mempelajari dan fokus padabahan dari tumbuhan dan hewan saja.
      • Sifat serat dan tekstil



      • Karakter serat dan tekstil
Karakteristik bahan serat alam yang menjadi perhatian adalah padapermukaan seratnya, seperti kehalusan, kekuatan, daya serap, dan kemuluran atau elastisitas. Bahan tekstil dari selulosa (kapas) memiliki beberapa karakteristik seperti, bahan terasa dingin dan sedikit kaku, mudah kusutmudah menyerap keringat, rentan terhadap jamur, dan mudah terbakar.

PENGERTIAN  KERAJINAN TEKSTIL
Kerajinan tekstil merupakan karya seni atau kerajinan yang dibuat atau memakai tekstil sebagai bahan utamaTekstil adalah bahan yang berasal dari serat yang diolah menjadi benang atau kain sebagai bahan untuk pembuatan busana dan berbagai produk kerajinan lainnya. Dari  pengertian tekstil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa bahan/produk tekstil meliputi  produk serat, benang, kain, pakaian dan berbagai jenis benda yang terbuat dari serat. Pada umumnya bahan tekstil dikelompokkan menurut jenisnya sebagai berikut: 1. Berdasar jenis produk/bentuknya: serat staple, serat filamen, benang, kain, produk  jadi (pakaian / produk kerajinan dll) 2. Berdasar jenis bahannya: serat alam, serat sintetis, serat campuran 3. Berdasarkan jenis warna/motifnya: putih, berwarna, bermotif/bergambar 4. Berdasarkan jenis kontruksinya: tenun, rajut, renda, kempa. benang tunggal, benang gintir.

 KONSEP DASAR KERAJINAN TEKSTIL
A.Prinsip-Prinsip Seni
Tidak semua produk yang berbahan utama tekstil bisa disebut sebagai karya seni, sebab perwujudannya harus memenuhi prinsip-prinsip berikut:
a.Unity (kesatuan)
, suatu benda yang dikatakan memiliki nilai seni estetis, harus merupakan kesatuan dan perpaduan dari unsur-unsur pembentuknya secara baik dan sempurna.
b.Complexity (kerumitan)
, suatu benda yang memiliki nilai estetis pada dasarnya tidaklah sederhana, dalam pengertian mengandung unsur-unsur yang berpadu dengan kerumitan tertentu seperti saling bertentangan, berlawanan, dan saling menyeimbangkan
c.Intensity (kesungguhan)
, suatu benda yang dikatakan yang memiliki nilai estetis bukanlah suatu benda yang kosong, melainkan memiliki kualitas yang menonjol dalam penampilannya. Nilai itu bisa bersifat lembut atau kasar, gembira atau duka, suram atau ceria yang ditampilkan secara sungguh-sungguh.

C. DESAIN KERAJINAN TEKSTIL
Kerajinan tekstil yang akan diwujudkan menjadi karya seni akan terwujud secara maksimal apabila melalui tahap pembuatan produk kerajinan tekstil. Desain merupakan langkah awal dalam mewujudkan suatu karya seni, dan desain merupakan rancangan yang akan memudahkan dalam pencapaian tujuan atau penciptaan karya seni. Dengan demikian desain dapat diartikan sebagai suatu rancangan gambar yang nantinya dilaksanakan dengan tujuan tertentu yang berupa susunan dari garis, bentuk, warna, dan tekstur. Desain dapat diterapkan pada berbagai benda yang ada di lingkungan kita.



      • Teknik pengolahan serat dan tekstil





                      


                  




Materi Pembelajaran Pengayaan
            a.Jenis dan karakteristik bahan serat alam tumbuhan dan hewan
            b.Pengolahan dan proses kerajina bahan serat alam
            c.Jenis dan karakteristik kerajinan tekstil
            d.Proses produksi kerajinan tekstil

Materi Pembelajaran Remidial
a.       Meriview jenis dan karakteristik bahan serat
b.      Meriview jenis dan karakteristik kerajinan tekstil

E. Metode Pembelajaran     
1.    Metode ilmiah (Scientific Methode)

F. Media Pembelajaran
            1.Media                      :  vidio: kerajinan merangkai bunga pandan ,bunga mawar dan tulip
   2016 .Tersedia di internet dengan alamat         
    http//youtube.com,diunduh 22 juli 2017
  Vidio kerajinan tanah liat ,bambu 2017,di internet dengan alamat   
  http//youtube.com,diunduh 22 juli 2017
Vidio tekstil dan batik 2017,di internet dengan alamat   
  http//youtube.com,diunduh 22 juli 2017

            2.Alat dan bahan       : kardus,papan kayu,gelas,tanah liat,air,plastik,kuas,
                                                  gunting,cutter,penggaris,pensil,karton,lem,cat.benang  ,kain kasa
   halus,penyangga kain.

           
G. Sumber Belajar   
Sumber belajar ditulis mengikuti acuan berikut:
1.Kemendikbud 2016. Prakarya SMP/MTS Kelas VII. Kemendikbud RI di Jakarta, (hal 6-81).
2.Kemendikbud 2016. Buku Guru Prakarya SMP/MTS Kelas VII.Kemendikbud  (hal 1-25).
3.Situs internet ,vidio kerajinan http/youtube.2016 Kerajinan bunga mawar dari
   pandan,kerajinan bungan dari kertas jagung ,tekstil diunduh 22 juli 2017
3.Kermendikbud  no 20 – 24 tahun 2017

H. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan Pertama : 2 jp
1.    Kegiatan Pendahuluan ( 18 menit )
a.    Pendidik mengucapkan salam, mengecek kehadiran,mengajak peserta didik untuk mengecek kerapian meja dan kursi serta kebersihan kelas dalam mengondisikan suasana belajar yang menyenangkan yang dilanjutkan dengan doa, dengan meminta salah satu siswa untuk memimpin di depan kelas (menghargai ketrampilan siswa / PPK).
b.    Peserta didik siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan diberi motivasi dari pendidik membaca buku yang sudah disiapkan  tentang bahan alam yang bisa dibuat untuk kerajinan dan masuk ke kelas tepat waktu  (PPk disiplin )
c.    Peserta didik  menjelaskan cakupan pembelajaran serat alam baik serat hewan dan tumbuhan dan contoh ,mengamati serat alam dan cara pengolahan kerajinan dari bahan alam.dan teknik penilaian yang akan digunakan
  d.Peserta didik  menjelaskan cakupan pembelajaranjenis dan karakteristik tekstil dan  
      contoh mengamati serat alam dan cara pengolahan kerajinan dari bahan  
      alam.dan teknik penilaian yang akan digunakan
 e. Pendidik memberi motivasi kepada peserta didik meminta menyimak penjelasan
    mengenai manfaat mempelajari satuan pokok pembuatan kerajinan bunga mawar dari
    daun pandan ,bunga dari kertas jagung ,tulip dari kertas jagung ,berbagai vas dari bambu
    ,asbak ,bunga dari tanah liat yang di dapat dari bahan alam





2.      Kegiatan Inti ( 60 menit )
Pada kegiatan inti peserta didik didampingi pendidik melakukan langkah-langkah  :

1.Mengamati:
 -Pendidik menayangkan vidio jenis dan karakteristik kerajinan serat alam
-Peserta didik mengamati proses pembuatan kerajinan bunga mawar dari pandan ,tanah liat dengan tehnik pilindan membuat catatan – catatan kecil terkait hal – hal yang menarik dan belum diketahui dari apa yang diamati.

2.Menanya:
- Peserta didik merumuskan pertanyaan – pertanyaan tentang bahan serat alam dan  
   terkait hal – hal yang belum diketahui proses dan pengemasan poduk kerajinan  bahan
   serat
  Peserta didik diskusi cara memilih daun pandan yang bagus ,tanah liat sebelum  
  membuat karya

3.Mengumpulkan data atau informasi
-Peserta didik  membaca secara cermat buku siswa dan lks ,mengamati tayangan vidio ,berdiskusi kelompok  ,untuk ,memahami pengetahuan tentang pengertian ,jenis ,bahan ,saran ,kerajinan serat alam
-Secara berkelompok peserta didik mengisi latihan lks (hal 13-15) no A

4.Mengasosiasikan /menganalisisi data /informasi :
-     Peserta didik secara berkempok dengan bimbingan pendidik menggunakan informasi dan data – data yang sudah dikumpulkan membuat sebuah kesimulan pada sebuah selembaran kertas terkait dengan pengertian ,jenis ,karakteristik  kerajina serat alam

5.Mengkomunikasikan :
 -  Peserta didik mempresentasikan kesimpulan yang sudah dibuat tentang pengertian ,jenis dan karakteristik kerajina serat alam

3.      Kegiatan Penutup ( 12 menit )
Pada kegiatan penutup pendidik :
a.       Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang  
      kerajinan dari bahan serat alam.
b.      Peserta didik diberikan arahan tentang pemahaman tehnik pilin atau pounch
c.       Peserta didik diberikan arahan tentang membuat melipat daun pandan ,memotong 
      stik kayu ,memotong bambu untuk vas bunga.
d.      Pendidk memberikan pertanyaan lisan kepada siswa tentang  bahan alam ,serat  hewan dan tumbuhan ,kerajinan yang akan dibuat peserta didik.Menanyakan bahan dan alat yang akan disiapkan untuk membuat prakarya yang akan dibuat pesrta didik dan membentuk kelompok  dikelas..
c.   Pendidik melakukan penilaian dengan teknik yang sudah ditentukan
Meminta umpan balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.
e.       Pendidik memberitahu pembelajaran remidi yaitu membuat kerajinan bahan serat
f.       Pendidik memberitahu pembelajran pengayaan yaitu membuat ringkasan tentang jenis dan teknis kerajinan serat alam.
g.      Pendidik memberikan PR kepada peserta didik untuk melakukan observasi untuk memperoleh data terkait kerajina bahan serat alam.
h.      Peserta didik diberi tugas membaca buku,vidio you tube dan literatur lain yang 
      berkaitan teknik-tehnik  pembuatan gerabah,membuat mawar dari pandan ,stik kayu
      ,dan vas bambu.
i.        Pendidik  memberikan informasi kepada  peserta didik tentang materi/kompetensi yang akan dipelajari pada pertemuan berikutnya dan doa
           




Pertemuan 2
            1. Kegiatan Pendahuluan (18 Menit )
a.  Berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
              b.  Peserta didik siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan diberi motivasi
c.  Peserta didik menyiapkan bahan dan alat dengan mempertimbangkan keselamatan kerja
     sebelum pembuatan mawar daun pandan ,tanah liat ,stik kayu ,vas bambu dimulai
      kemudian guru mengecek alat dan bahan karya peserta didik.
d.  Pendidik  menjelaskan cara penilaian kerajinan yang dibuat sesuai pilihan peserta didik.
e   Pendidik menjelaskan cakupan pembelajaran mencipta  kerajinan yang akan dikerjakan peserta didik dan teknik penilaian.

      Kegiatan inti ( 50 menit )
Kegiatan
Langkah pembelajaran
Pendidik  menyajikan  kembali beberapa video proses pembuatan kerajian bunga mawar dari daun  pandan,st,stik kayu ,tanah liat,vas bamboo  yang mereka sudah pilih untuk dibuat kerajinan
Gerakan Literasi Media, siswa menyimak video yang ditayangkan oleh guru (peserta didik langsung mengerjakan kerajinannya)
 






Contoh :
Penilaian HOTS  ( muncul di penilaian)
1.    Kenapa dipilih daun pandan yang ukuran panjang  bisa hasilkan  bunga mawar yang bagus dan besar?
2.    Apa alasan daun pandan sebagai bahan alam sebagai salah satu kerajinan yang di bentuk bunga  ?
3.    Kenapa daun pandan dipilih sebagai kerajinan bunga untuk digunakan sebagai seserahan perkawinan?

Orientasi terhadap masalah
Pendidik melakukan penilaian praktek membuat mawar dari daun pandan dengan memfasilitasi satu bangku disiapkan daun pandang ,benang sudah dipotong ataukah karet dan gunting
Peserta didik berkelompok sudah membawa bahan daun pandan untuk membuat kerajinan bunga mawar dari daun pandan dan alat lainya yang diperlukan seperti vas dari bahan botol bekas air mineral,air.
Pemantapan Karakter
Menumbuhkan sikap rasa ingin tahu pada peserta didik dengan melihat ilustrasi video yang ditayangkan lalu langsung dipraktekkan ,memupuk kerjasama , jujur ,bertanggung jawab.
 














Organisasi belajar
Guru membimbing peserta didik melakukan pengumpulan data/informasi (pengetahuan, konsep, teori) melalui berbagai macam cara untuk menemukan jenis bahan alam yang digunakan dan bagaimana teknik pengolahan pada kerajinan tersebut

Pemantapan Karakter
Peserta didik bersama kelompok bekerja sama mengumpulkan data dari tayangan video yang diberikan oleh guru
 






Penyelidikan individual maupun kelompok
Guru membimbing peserta didik untuk menentukan penyelesaian masalah yang paling tepat dari berbagai alternatif pemecahan masalah yang peserta didik temukan. Peserta didik menyusun hasil penyelesaian masalah dengan mengerjakan menyajikan secara singkat video yang diberikan oleh guru.

Problem Solving
Peserta didik dan guru memecahkan masalah dari tayangan video mengenai bahan dan teknik dari serat


 






Pengembangan dan penyajian hasil penyelesaian masalah
Guru memfasilitasi peserta didik untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap proses penyelesaian masalah yang dilakukan.
Analisis dan evaluasi proses penyelesaian masalah


a.    Peserta didik diskusi mengenai kerajinan yang mereka pilih
                 b.Peserta didik membuat bunga mawar dari daun pandan dan membuat seperti buket
                    ,merapikan asbak /bunga yang dibuat dari tanah liat ,merapikan potongan stik kayu
                    ,menggambar pola di vas bungadari bambu.
     c.Peserta didik melakukan diskusi menjemur gerabah yang selanjutnya di cat ,menambah
         asesoris stik kayu ,memvernis vas bambu .

Dokumentasi Kegiatan inti pertemuan 2
Cara membuat bunga mawar dari pandan
            Alat bahan : daun pandan, benang,gunting
            Ambil daun pandan ,bentuk seperti bunga mawar ,lalu ikat dengan benang.
                    
            Lalu rangkai hasil bunga mawar pandan dan taruh di vas
        


 Contoh Membuat benda kerajinan dari tanah liat dengan tehnik pilin atau pinch

1.      Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan dari bahan tanah liat dengan tehnik pilin: Spons, papan kayu, tempat air ( gelas plastik),minyak kelapa.
2.      Bahan yang diperlukan untuk pembuatan kerajinan dari tanah liat dengan tehnik pilin:tanah liat,air.
3.      Membuat kerajinan dari tanah liat dengan tehnik pilin
            Bahan:
            1. Tanah liat
            2. Air
            3.minyak kelapa
            4.cat dan kuas
Alat  : 
      1. Papan kayu
      3. Gelas plastik
Cara membuat:
1.      Siapkan bahan dan alat diatas meja
             

2. Siapkan air ,minyak kelapa bentuk tanah liat sesuai desain / pola

                          

  3 . Setelah selesai ,angin-anginkan karya yang masih basah ,langsung dijemur agar cepat kering
                                                                                                                                                              







Cara membuat kerajinan dari stik kayu rumah - rumahan
Alat dan bahan : stik kayu ,lem,gunting ,cutter ,desain


                          

Cara membuat kerajinan vas bambu
Alat dan bahan : bambu,gergaji ,cutter ,amplas,pulpen ,vernis,parang.
Cara membuat : potong gergaji bambu setelah diukur berapa ukuran vas yang akaan dibuat ,lalu kerik dengan cutter sampai bersih,dan diamplas biar merata dan halus .Bentuk pola dengan pulpen lalu desain,lalu divernish



  


  



3.Kegiatan Penutup ( 12 menit )
a. 
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pembuatan kerajinan tanah liat dengan tehnik pounch ,
Peserta didik diberikan manfaat tentang pembuatan gerabah dengan tehnik lain,kerajinan stik kayu ,mawar pandan,vas bambu
b.
Memberikan pertanyaan singkat kepada siswa tentang teknik pilin.alat dan bahan apa saja disipakan untuk kerajinan yang mereka buat dan cara membuatnya.
c. 
Meminta umpan balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada siswa.
d. 
Peserta didik diberi tugas membaca buku,internet dan literatur lain yang berkaitan teknik pembuatan gerabah,kerajinan stik kayu .
e. 
Berdo’a dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

Pertemuan 3 ( 8 Menit )
1. Kegiaatan  Pendahuluan
a.    Peserta didik dan pendidik berdoa dan menanyakan  kehadiran peserta didik yang tidak hadir..
b. Peserta didik siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan diberi motivasi dari
    pendidik.
c.  Peserta didik menyiapkan bahan dan alat dengan mempertimbangkan keselamatan kerja
     sebelum pembuatan bunga,alat dan karya peserta didik.
              d.Pendidik menjelaskan tentang Praktek Pembuatan bunga mawar dan cara kerja
                 kelompok
e. Pendidik menjelaskan cakupan pembelajaran tentang Praktek pembuatan bahan alam
     kreasi bunga mawar dan tulip dari kertas jagung untuk hiasan

2.  Kegiatan inti ( 60 menit )
           
            a.Pendidk menegecek bersama peserta didik mengamati alat dan bahan yang dibawa
            b.Peserta didik menanyakan cara cepat membuat satu bunga dan tangkai
c.Peserta didik memulai membuat tangkai ,memotong kertas jagung membentuk pola
d.Peserta didik menyusun dan mengelem pola bunga yang mereka potong
e.Peserta didik melaksanaan membuat buket bunga dan menyusun di botol bekas minuman

 Contoh cara membuat bunga mawar atau bunga tulip dari kertas jagung
Alat dan bahan : kertas jagung warna – warni ,lem ,gunting,pensil , penggaris,koran bekas,lidi                          

       




3. Kegiatan Penutup ( 12 menit )
a. 
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang pembuatan bunga dari kertas jagung
Peserta didik diberikan kesempatan berkelompok
b. 
Memberikan pertanyaan singkat kepada peserta didik tentang pola untuk bunga
c. 
Meminta umpan balik pada siswa tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberiwawasan lebih pada peserta didik.
d. 
Peserta didik diberi tugas membaca buku dan literatur ,internet yang berkaitan dengan pembuatan kerajinan bunga dari daun
e. 
Berdo’a dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.

Pertemuan 4
1. Kegiatan Pendahuluan (8 Menit )
a.  Pendidik dan oeserta didik berdoa dan mengecek kehadiran peserta didik.
b. Peserta didik siap untuk mengikuti proses pembelajaran dengan kompetensi yang akan dicapai.
c.            Pendidik menjelaskan cakupan pembelajaran tentang berbagai jenis dan prosesnya

2. Kegiatan inti ( 60 menit )
a.Pendidik menyajikan vidio tentang tekstil dan beberapa proses pembatikan
          b.Peserta didik mengamati vidio yang ditayangkan tentang tekstil
          c. Mengumpulkan data atau informasi
-Peserta didik  membaca secara cermat buku siswa dan lks ,mengamati tayangan vidio ,berdiskusi kelompok  ,untuk ,memahami pengetahuan tentang pengertian ,jenis ,bahan ,saran ,kerajinan serat alam
-Secara berkelompok peserta didik mengisi latihan lks (hal 20-23)
d. Peserta didik diskusi tentang kerajinan  tekstil yang diketahui
e.Peserta didik diskusi kerajinan tekstil yang pernah mereka beli di pasar
f. Peserta didik membuat langkah kerja cara menyulam dengan benang
g. Peserta didik  merencanakan disain kerajinan tekstil dari perca atau menyulam

3. Kegiatan Penutup ( 12 menit )
a. 
Peserta didik dengan dibimbing dan difasilitasi pendidik membuat simpulan tentang kerajinan tekstil
b. 
Memberikan pertanyaan singkat kepada siswa tentang tekstil yang secara umum dan kerajinan yang sudah pernah mereka kerjakan.
c. 
Meminta umpan balik pada peserta didik  tentang kegiatan pembelajaran yang telah berlangsung. Apakah pembelajaran menarik, menyenangkan dan memberi wawasan lebih pada peserta didik.
d. 
Peserta didik diberi tugas membaca buku,internet  dan literatur lain yang berkaitan teknik tekstil di indonesia
e. 
Berdo’a dan atau salam untuk menutup kegiatan pembelajaran.





I.       Penilaian
1.    Sikap spiritual
a.      Teknik                      : observasi
b.      Bentuk instrumen     : lembar observasi
c.       Instrumen                 : Instrumen untuk guru Lampiran 1
d. Instrumen untuk peserta didik Lampiran 2
Kisi-kisi

Indikator
Butir Penilaian
1.      Cinta tanah air
2.      Rasa syukur
3.      Menjaga lingkungan hidup
1
2 - 3
4 - 5

2.    Sikap sosial
a.    Teknik                       : observasi
b.  Bentuk nstrumen    : lembar observasi
c.  Instrumen                  : Instrumen untuk guru Lampiran 1
d. Instrumen observasi peserta didik Lampiran 3
e. Kisi-kisi

Indikator
Butir Penilaian
1.   Jujur
2.   Kerjasama
3.   Toleransi
1
2 - 3
4 - 5

3.    Pengetahuan
b.      Teknik Penilaian               :  Tes tertulis
c.       Bentuk instrument           :  Tes uraian
d.      Instrumen                         :  Terlampir (Lampiran 4)
a.       Kisi-kisi
Indikator
Butir Penilaian
1.      Mendiskripsikan
2.      Menjelaskan
3.      Memahami
4.      Analisis
1
2
3
4 - 5

4. Keterampilan
a.Teknik                      : observasi
b.Bentuk instrument   : lembar observasi
c. Instrumen                : Terlampir (instrumen 5)
d. Kisi-kisi
Aspek Keterampilan
Butir Penilaian
1.      Ide/gagasan
2.      Kreatifitas
3.      Kesesuaian prosedur kerja
4.      Uji karya
5.      Estetika
6.      Bentuk pelaporan
7.      Presentasi
8.      Sikap
Soal uji kinerja




Lampiran 1
Pedoman Pengamatan Guru
Lembar Penilaian di atas disusun berdasarkan asumsi bahwa pembelajaran merupakan aktifitas peserta didik yang mencakup aspek spiritual dan sosial.
Guru diharapkan untuk mengisi lembar observasi ini pada proses pembelajaran berlangsung.

Contoh Lembar Observasi Penilaian Spiritual dan Sosial
No.
Nama Peserta Didik
Butir penilaian
Spiritual
Sosial
Jml Skor
  Nilai akhir (NA) atau   Skor rerata
Cinta tanah air
Rasa syukur
Menjaga lingkungan hidup
Jujur
Kerjasama
Toleransi

1
2
3
4
5
6


1









2









3









4









5









6









7









8









9









Dst











  • Petunjuk pensekoran:
Skor 4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
Skor 3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan  Skor kadang-kadang tidak melakukan
Skor 2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan  sering tidak melakukan
Skor 1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukan

  • Peserta didik memperoleh nilai :
Baik Sekali      (A)       : apabila memperoleh skor  19 - 24
Baik                 (B)       : apabila memperoleh skor  13 - 18
Cukup             (C)      : apabila memperoleh skor  7 - 12
Kurang            (D)       : apabila memperoleh skor  1 - 6

·         Nilai Akhir = Jumlah Skor
                        Jumlah butir aspek yang dinilai




Lampiran 2
Contoh Lembar penilaian sikap spiritual dalam kerja kelompok
Berilah nilai untuk anggota kelompokmu! Berilah nilai 4 bila baik sekali, sebaliknya berilah nilai 1 bila kurang atau sangat jelek! ! Jumlahkan hasil penilaian untuk memperoleh nilai teman kalian!


No
Nama Siswa
No Presensi
Hal yang dinilai
1
2
3
4
5
Jumlah
1








2








3








4









Keterangan : Hal yang dinilai
No
Hal yang dinilai
1
Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan
2
Bersyukur atas nikmat dan karunia Tuhan Yang Maha Esa.
3
Menghargai kemampuan teman ketika praktek
4
Mengucapkan syukur ketika berhasil mengerjakan sesuatu.
5
Menjaga lingkungan kegiatan praktik

Lampiran 2
Contoh Instrumen Sikap Sosial

Contoh Lembar penilaian antar teman dalam kerja kelompok
Berilah nilai untuk anggota kelompokmu! Berilah nilai 4 bila sangat baik, sebaliknya berilah nilai 1 bila kurang atau sangat jelek! Jumlahkan hasil penilaian untuk memperoleh nilai teman kalian!

No
Nama Siswa
No Presensi
Hal yang dinilai
1
2
3
4
5
Jumlah
1








2








3








4









Keterangan : Hal yang dinilai

No
Hal yang dinilai
1
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya
2
Terlibat aktif dalam bekerja bakti membersihkan kelas atau sekolah
3
Kesediaan melakukan tugas sesuai kesepakatan
4
Dapat menerima kekurangan orang lain
5
Mengemukakan perasaan terhadap sesuatu apa adanya

Lampiran 2. Contoh;  Test Uraian.
Teknik Penilaian          : Tes Tertulis
Bentuk Instrumen       : Tes Uraian

CONTOH SOAL URAIAN
Petunjuk:
v  Berdoalah sebelum mengerjakan soal
v  Jawablah pada lembar jawaban yang telah disediakan
v  Selesaikan soal berikut dengan singkat dan jelas
A.    Soal
1.    Sebutkan alat-alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan bunga mawar dari daun pandan  dan kerajinan bunga mawar  dari kertas jagung dan cara membuatnya?
............................................................................................................................................................................................................................................................................................
2.    Sebutkan alat dan bahan yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan dari kayu stik dan vas
     bamboo dan cara membuat kerajinannya ?
           ...............................................................................................................................
3.Sebutkan alat –alat  dan bahan membuat gerabah/tanah liat dan hasil kerajinannya  ?
.........................................................................................................................................................
4.Jelaskan serat alam yang kamu ketahui dari tumbuhan dan hewan ?
..........................................................................................................................................................................................................................................................................................
5.Jelaskan secara singkat kerajinan  tekstil yang kamu ketahui ?
...........................................................................................................................................................................................................................................................................................

B.     Kunci Jawaban
1.Alat-alat yang diperlukan dalam pembuatan kerajinan dari bunga mawar pandan yaitu daun pandan ,benang/karet,pilih pandan yg ukuran sedang atau panjang,lalu dilipat ikuti bentuk bunga mawar sampai terbentuk bunga mawar.
alat dan bahan bunga mawar dari kertas jagung : kertas jagung warna merah,pink,kuning,daun kertas jagung hijau ,stik/batang dari Koran bekas,lem,gunting,benang.caranya ,gunting kertas jagung dengan pola hurup b setelah dilipat 10 lalu Koran dilipat dimulai dari ujung sampai terbentuk seperti pipet,lilit dengan kertas jagung hijau yg telah digunting de lebar sesuai kertas jagung lebar 2 cm,lalu lem dililit sampai terbentuk batnag hijau,pola hurup b di lilit  3 kali setelah dilem membentuk bunga mawar,sampai terbentuk seperti bunga mawar.

2.Bahan yang diperlukan untuk pembuatan kerajinan dari stik kayu/es krim yaitu : stik kayu,lem,gunting,cutter.desain pola/gamabar, tehnik membuat potong stik sesuai pola missal hasilnya rumah post/jaga ,bokor dll.
Bahan vas bamboo : bamboo,gergaji,amplas,cutter,pulpen untuk gambar pola,las,vernis.cara buatnya bamboo diukur sesuai panjang yg dikehendaki,gergaji lalu kerik bersihkan dengan cutter ,kemudian amplas sampai bersih,dibentuk pola,las,lalu di vernis.

3,Alat –alat dan bahan yang diperlukan dalam pembakaran gerabah: tanah liat,alas katon /kardus,desain gerabah,air,minyak kelapa,kompor/tungku api ,kayu bakar,sekam,minyak gas,korek api. Cara membuat ambil tanah liat lalu pinch/pijat dan tekan sampai kalis,campurkan sedikit air ,minyak kelapa setelah kalis ,lalu bentuk pola yang dibuat misalnya : asbak ,piala ,vas,kendi kecil,model aturan bali ,piring ,bunga.Setelah jadi dijemur ,di cat.

4. Jenis Serat Bahan serat alam dapat digolongkan menjadi tiga jenis,yaitu yang berasal dari tumbuhan,hewan, dan mineral.serat tumbuhan.Serat adalah potongan potongan panjang yang membentuk jaringan panjang.contoh serat alam :,serat tumbuhan ada  dari daun pandan ,nenas , dari biji kapas ,pohon oaks.Serat hewan yakni didapat dari bulu hewan seperti domba untuk benang woll.

5.Kerajian tekstil : batik,kain perca ,sulam benang ,batik painting ,tulis ,kerajian hias seperti baju batik ,sepatu ,tas,dompet ,bed cover ,tirai ,sarung bantal ,gantungan kunci dll.

·         Pedoman Penilaian:
A.    Kriteria Pensekoran:
1.      Setiap butir soal memiliki rentang skor 1-10
2.      Total skor apabila semua jawaban benar adalah 50


B.     Kriterian Penilaian:
a.       Perolehan Skor 1  -12  ; nilai = 1
b.      Perolehan Skor 13-25 ; nilai = 2
c.       Perolehan Skor 26-38  ; nilai = 3
d.      Perolehan Skor 39-50  ; nilai = 4

Lampiran 3. Instrumen Ketrampilan (Kinerja)
SOAL ATAU TUGAS UJI KINERJA
1.      Buatlah Kerajinan dari bahan alam dengan tehnik pilin
2.      Buatlah inovasi benda pakai dengan tehnik pilin
a.    Ketentuan desain adalah sebagai berikut:
Bahan:
·         Bahan berasal dari tanah liat.
b.    Waktu pengerjaan : 80 menit
c.    Aspek yang dinilai :
·         Ide atau gagasan
·         Kinerja alat
·         Estetika
·         Sikap selama proses dan pembuatan produk


Contoh Lembar Observasi Penilaian Kinerja

Mata Pelajaran       : Prakarya (Kerajinan)
Nama Proyek         : Pembuatan kerajinan dari bahan kertas jagung /tisu
Alokasi Waktu      :10 x 40 menit
Kelas/Semester       : VII/ 1
Tahun Pelajaran     : ...


ASPEK KINERJA YANG DINILAI


Proses
Produk
Sikap


No
Nama siswa
Ide gagasan
Kreativitas
Keseuaian materi,                teknik dan prosedur
Nilai Akhir    1
Uji karya
Estetika
Bentuk pelaporan
Presentasi
Nilai Akhir    2
Mandiri
Disiplin
Tanggung Jawab
Nilai Akhir    3
Jumlah Skor
Nilai Akhir (huruf)


50%

35%

15%





1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4

1
2
3
4
1
2
3
4
1
2
3
4



1














































2














































3














































4














































5














































6


















































Keterangan Kriteria penilaian:
  1. Pedoman pensekoran:
  • Skor terentang antara 1-4
1.      Skor 1 , kategori Kurang
2.      Skor 2, kategori Cukup
3.      Skor 3, kategori Baik    
4.      Skor 4, Kategori Sangat baik

  1. Pedoman penilaian:
Nilai Akhir 1 (NA 1) : Jumlah skor proses x 50%

Nilai Akhir 2 (NA 2)  : Jumlah skor produk x 35%

Nilai Akhir 3 (NA 3) : Jumlah skor sikap x 15%


Nilai Akhir = NA 1 + NA 2 + NA3


  1. Konversi nilai:
Nilai 0   -  1, huruf D
Nilai 1,1 - 2, huruf C
Nilai 2,1 - 3, huruf B
Nilai 3,1  - 4, huruf A







Mengetahui,
Kepala SMP Negeri 2 Penebel



I MADE SUARNATHA ATMAJA, S.Pd

Penebel, 13 Juli 2017
Guru Mata Pelajaran,



LUH GEDE RUSFEMINA,S.Pd


Tidak ada komentar:

Posting Komentar