Sabtu, 09 Desember 2017

PRAKARYA KD.3.1 DAN 4.1 BUDIDAYA SAYURAN

   

 







Tomat (Lycopersicon esculentum L.) merupakan tanaman asli dari Amerika Tengah dan Selatan. Tanaman ini idealnya ditanam pada kisaran suhu 20-27oC dengan curah hujan sekitar 750-1250 mg per tahun. Secara umum tomat dapat tumbuh dengan baik padadataran tinggi.
Dewasa ini terdapat lebih dari 400 varietas tomat yang ditanam secara global. Ada varietas yang hanya cocok di dataran tinggi seperti berlian, mutiara dan kada. Ada yang cocok di dataran rendah seperti varietas intan, ratna dan CLN. Tomat bisa ditanam baik di dataran tinggi maupun rendah.

Memilih benih tomat

Untuk memilih jenis tomat yang akan ditanam hendaknya sesuaikan dahulu dengan karateristik lokasi. Apabila kebun sekolah berada di dataran tinggi pilihlah varietas yang cocok untuk dataran tinggi begitu juga sebaliknya.
Benih tomat bisa didapatkan dengan mudah diberbagai toko penyedia saprotan. Apabila Anda sulit mendapatkannya atau harganya terlalu mahal, kita bisa membuatnya sendiri. Caranya dengan menyeleksi buah tomat yang paling baik dari segi ukuran (besar) dan bentuk (tidak cacat).
  Langkahnya : 1.pilihlah tomat dengan ukuran sedang atau besar.
                         2.potong tomat
                         3.letakkan bibit ,potongan tomat pada lahan sempit/pot lalu tabur dengan tanah
                         4.siram dengan rutin
                         5.bibit pun siap ketika masa 14 hari
Di smp n 2 penebel ,saya mencoba mengenalkan pembibitan tomat dan cabe yang saya anggap paling gampang dan cepat mendapatkan hasilnya.Antusias para siswa juga terlihat senang ketika mereka mulai pembibitan,memelihara sampai bibit mulai berkecambah dengan daun dua.
 Adapun harapan sebagai guru prakarya ,saya ingin menumbuhkan pendidikan karakter kerja sama ,gotong royong,disiplin,cinta tanah air,cinta produk lokal,dan menumbuhkan rasa integritas dengan hasil maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar