PETUNJUK PENYUSUNAN
SETIAP KOMPONEN RPP
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah : … (Misal:
SMP
Mata Pelajaran : ... (Misal: Prakarya
Kelas/Semester : … (Misal: VII/Satu)
Materi Pokok : ...
(Misal: Membuat Minuman Segar)
Alokasi
Waktu : … (Misal: 3
Pertemuan (6 JP))
A. Kompetensi Inti
Petunjuk: Tulis keempat KI.
CONTOH
- Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
- Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.
- Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
- Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.
B. Kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Petunjuk:
1. Rumuskan
2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi untuk setiap KD.
2. Indikator
merupakan jabaran dari KD.
3.
Indikator pencapaian kompetensi adalah: (a) perilaku
yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk kompetensi dasar (KD) pada
kompetensi inti (KI)-3 dan KI-4; dan (b) perilaku yang dapat diobservasi untuk
disimpulkan sebagai pemenuhan KD pada KI-1 dan KI-2.
4.
Indikator KD dari KI-3 mencakup pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural dan/atau metakognitif sesuai tuntutan/kandungan KD dengan
kemampuan kognitif mengingat, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi,
dan/atau mencipta.
CONTOH
KD
|
Indikator
|
KD dari KI-1 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada
KD-nya).
|
KD dari KI-2 (bila ada)
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi (bila ada
KD-nya).
|
KD dari KI-3
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
KD dari KI-4
|
Tulis 2 (dua) atau lebih indikator pencapaian kompetensi.
|
C. Tujuan Pembelajaran
Petunjuk:
1. Rumuskan 1 (satu)
atau lebih tujuan pembelajaran untuk setiap indikator pencapaian kompetensi.
2. Dalam hal indikator
pencapaian kompetensi sangat specific dan tidak dapat diuraikan lagi, rumusan
tujuan pembelajaran sama dengan indikator pencapaian kompetensi tersebut.
3. Apabila sebuah
indikator pencapaian kompetensi masih dapat dirinci lagi, indikator pencapaian
kompetensi tersebut dijabarkan ke dalam lebih dari 1 (satu) tujuan
pembelajaran.
4. Tujuan pembelajaran
mengandung unsur: audience (A), behavior (B), condition (C), dan degree (D).
5. Tujuan pembelajaran
dirumuskan untuk masing-masing pertemuan.
CONTOH
Pertemuan pertama
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Pertemuan kedua
Setelah mengikuti
serangkaian kegiatan pembelajaran peserta didik dapat:
1. ...
2. ...
3. ...
Dst.
Fokus penguatan
karakter:
(Tulis satu, dua,
atau tiga nilai sikap utama yang hendak secara terencana ditanamkan/ditumbuhkan
melalui pembelajaran yang direncanakan melalui RPP ini. Nilai-nilai sikap utama
yang dimaksud adalah nilai-nilai sikap sebagaimana terkandung dalam kompetensi
inti sikap spiritual dan sikap sosial serta nilai-nilai utama yang
diprioritaskan oleh pemerintah dan satuan pendidikan yang bersangkutan. Nilai-nilai
yang dijadikan fokus dipilih berdasarkan kesesuaiannya dengan materi/kompetensi
yangdibelajarkan dan/atau metode pembelajaran yang diterapkan. Butir nilai
sikap dituliskan dalam kata benda).
Contoh: kejujuran,
kedisiplinan
D. Materi Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir materi yang dicakup untuk materi pembelajaran reguler,
pengayaan, dan remedial.
2.
Butir-butir materi yang dimaksud harus relevan
dengan indikator pencapaian kompetensi yang mencakup pengetahuan faktual, konseptual, prosedural dan/atau metakognitif
sesuai tuntutan/kandungan KD
CONTOH
1. Materi pembelajaran
reguler
… (Tulis tema/sub-tema/jenis teks dan/atau butir-butir
materi sebagaimana dicakup oleh KD).
a. Teks ... (contoh
teks terlampir)
b. Fungsi sosial teks
... (uraian singkat terlampir)
c. Struktur teks ...
(uraian singkat terlampir)
d. Grammar: ...
(uraian singkat terlampir)
e. Kosakata terkait
dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
f.
Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
2. Materi pembelajaran
pengayaan
… (Tulis sejumlah butir materi (kompetensi)
pengayaan/perluasan/pendalaman dari yang dicakup oleh materi pembelajaran
reguler).
a.
Grammar:
... (uraian singkat terlampir)
b.
Kosakata
terkait dengan tema ... (contoh daftar kata terlampir)
c.
Tanda
baca/pengucapan/intonasi ... (uraian singkat terlampir)
3. Materi pembelajaran
remedial
… (Tulis sejumlah butir materi reguler yang
diperkirakan sulit dikuasai oleh sebagian/seluruh peserta didik).
a. Grammar: ...
b. Kosakata terkait
dengan tema ...
E. Metode Pembelajaran
Petunjuk:
1.
Tulis satu atau lebih metode pembelajaran yang diterapkan.
2.
Metode pembelajaran yang dipilih adalah pembelajaran
aktif yang efektif dan efisien memfasilitasi peserta didik mencapai
indikator-indikator KD beserta kecakapan abad 21.
CONTOH
Pembelajaran dengan Metode Ilmiah
F.
Media dan
Bahan
Petunjuk:
1. Media
Tulis spesifikasi semua media pembelajaran
(video/film, rekaman audio, model, chart, gambar, realia, dsb.).
CONTOH
a. Video/film: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
b. Rekaman audio: Judul. Tahun. Produser. (Tersedia
di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
c. Model: Nama model yang dimaksud
d. Gambar: Judul gambar yang dimaksud
e. Realia: Nama benda yang dimaksud
2. Bahan
Tulis spesifikasi (misalnya nama, jumlah, ukuran)
semua bahan yang diperlukan.
G. Sumber Belajar
Petunjuk:
Tulis spesifikasi semua sumber belajar (buku
siswa, buku referensi, majalah, koran, situs internet, lingkungan sekitar,
narasumber, dsb.).
CONTOH
1. Buku siswa: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman)
2. Buku referensi: Nama pengarang. Tahun penerbitan.
Judul buku. Kota penerbitan: Penerbit (halaman).
3. Majalah: Penulis artikel. Tahun terbit. Judul
artikel. Nama majalah, Volume, Nomor, Tahun, (halaman).
4. Koran: Judul artikel, Nama koran, Edisi (tanggal
terbit), Halaman, Kolom
5. Situs internet: Penulis. Tahun. Judul artikel.
(Tersedia di situs internet lengkap dengan tanggal pengunduhan)
6. Lingkungan sekitar: Nama dan lokasi lingkungan
sekitar yang dimaksud
7. Narasumber: Nama narasumber yang dimaksud beserta
bidang keahlian dan/atau profesinya
8. Lainnya (sesuai dengan aturan yang berlaku)
H. Langkah-langkah Pembelajaran
Petunjuk:
1. Tulis kegiatan
pembelajaran untuk setiap pertemuan yang mencakup kegiatan pendahuluan,
kegiatan inti, dan kegiatan penutup.
2. Kegiatan
pembelajaran pada KEGIATAN PENDAHULUAN dan KEGIATAN PENUTUP ditulis dalam
rumusan kegiatan yang dilakukan oleh guru yang DAPAT dilengkapi dengan rumusan
kegiatan peserta didik secara terintegrasi – tidak dalam kalimat terpisah.
3. Kegiatan
pembelajaran pada KEGIATAN INTI ditulis dalam rumusan kegiatan peserta didik
YANG DAPAT dilengkapi dilengkapi dengan
rumusan kegiatan guru – dalam kalimat terpisah.
4. Langkah-langkah dan
aktivitas pembelajaran pada KEGIATAN INTI menyesuaikan sintaks dan
prinsip-prinsip belajar dari metode yang diterapkan.
5. Tulis jumlah JP
untuk setiap pertemuan dan alokasi waktu untuk kegiatan pendahuluan, inti, dan
penutup.
CONTOH
1.
Pertemuan Pertama: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru … untuk mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan.
2)
Guru mengecek
penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai, yaitu … dan menunjukkan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari, yaitu ….
4)
Guru menyampaikan garis besar cakupan materi
dan kegiatan yang akan dilakukan, yaitu ….
5)
Guru menyampaikan lingkup penilaian,
yaitu … dan
teknik penilaian yang akan digunakan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH DENGAN METODE SAINTIFIK:
Mengamati
Misal: Peserta didik mengamati gunung Merapi yang
meletus yang disajikan melalui tayangan video dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan fenomena meletusnya gunung Merapi (IPS); menyaksikan
video pertumbuhan dan perkembangan tanaman dan mencatat apa saja yang belum
diketahui terkait dengan pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Catatan:
Fenomena yang diamati oleh peserta didik dapat berupa
fenomena sebagaimana adanya di alam (pada situasi alami) dan/atau dalam bentuk
model, gambar/foto, teks, grafik/tabel, diagram, charta, audio, video, dan/atau
animasi.
Menanya
Misal: Peserta didik merumuskan pertanyaan tentang
hal-hal yang belum diketahui terkait dengan meletusnya gunung Merapi (untuk
IPS), pertumbuhan dan perkembangan tanaman (untuk IPA), …
Pertanyaan 1: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 2: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 3: … (pengetahuan faktual)
Pertanyaan 4: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 5: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 6: … (pengetahuan konseptual)
Pertanyaan 7: … (pengetahuan prosedural)
Pertanyaan 8: … (pengetahuan metakognitif)
Pertanyaan …
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 1 (MISALNYA
untuk pertanyaan 1, 2, dan 3)
Misal IPS: Peserta didik mewawancarai ahli
kegunungapian dan/atau membaca buku siswa halaman … untuk mengetahui kapan
gunung Merapi meletus (tahun berapa saja dan dalam periode berapa tahunan),
korban letusan terdahsyat, dan tanda-tanda gunung Merapi akan meletus (fenomena
gunung meletus). Kemudian peserta didik menuliskannya pada selembar kertas
untuk ditempelkan pada papan pajang pekerjaan peserta didik.
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi
peserta didik membuat butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bersama-sama peserta didik melakukan identifikasi kelebihan dan kekurangan
kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan mengamati …, merumuskan pertanyaan,
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara ….
Guru guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara ….
Guru menyampaikan
kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan
kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
2.
Pertemuan Kedua: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek
penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH (LANJUTAN DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 2 (MISALNYA
untuk pertanyaan 4 dan 5)
…
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 3 (MISALNYA
untuk pertanyaan 6)
…
·
Dst.
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
Guru memfasilitasi
peserta didik (a) membuat butir-butir simpulan mengenai ….
Guru bersama dengan
peserta didik mengidentifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran
(yaitu kegiatan mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan
dengan informasi yang diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan
cara ….
Guru memberi umpan balik peserta didik dalam proses dan hasil
pembelajaran dengan cara ….
Guru melakukan
melakukan penilaian dengan teknik ….
Guru menyampaikan
kegiatan belajar yang dikerjakan sebagai PR yaitu ….
Guru memberitahukan
kegiatan belajar yang akan dikerjakan pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
3.
Pertemuan Ketiga: 2 JP
a.
Kegiatan
Pendahuluan (8 menit)
CONTOH
1)
Guru mengondisikan suasana belajar yang
menyenangkan dengan ….
2)
Guru mengecek
penguasaan
kompetensi yang sudah dipelajari sebelumnya, yaitu … dengan cara ….
3)
Guru menyampaikan kegiatan
pembelajaran dan penilaian yang akan dilakukan, yaitu ….
b.
Kegiatan
Inti (60 menit)
CONTOH (DENGAN METODE SAINTIFIK):
Mengumpulkan
informasi/data/mencoba – menalar/mengasosiasi – mengomunikasikan 4 (MISALNYA
untuk pertanyaan 7 dan 8)
·
…
·
Mencipta
Misal: Peserta
didik membuat petunjuk tindakan menjelang, saat, dan paska letusan gunung api
(IPS); merumuskan gagasan pembudidayaan tanaman yang cepat pertumbuhan dan
perkembangannya (IPA); …
c.
Kegiatan
Penutup (12 menit)
Guru bersama-sama peserta didik membuat butir-butir simpulan terkait ….
Guru bersama-sama
peserta didik melakukan
identifikasi kelebihan dan kekurangan kegiatan pembelajaran (yaitu kegiatan
mengumpulkan informasi dengan cara …, menjawab pertanyaan dengan informasi yang
diperoleh dengan …, dan mengomunikasikan jawaban dengan cara …; serta mencipta …
Guru melakukan
penilaian dengan teknik ….
Guru memberitahukan
pembelajaran remedi, yaitu …
Guru memberitahukan
pembelajaran program pengayaan, yaitu …
Guru memberitahukan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya, yaitu ….
I.
Penilaian
1.
Teknik penilaian
a.
Sikap spiritual
Tulis satu atau lebih teknik
penilaian sikap spiritual dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
|
Penilaian antar teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
b. Sikap sosial
Tulis satu atau lebih teknik
penilaian sikap sosial dan tuangkan dalam tabel.
CONTOH
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
||||||
|
Observasi
|
Jurnal
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk dan
pencapaian pembelajaran (assessment for
and of learning)
|
||||||
|
Penilaian diri
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
||||||
|
Penilaian antar teman
|
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian sebagai
pembelajaran (assessment as learning)
|
||||||
c. Pengetahuan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Lisan
|
Pertanyaan (lisan) dengan jawaban terbuka
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
|
|
Penugasan
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda,
benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat
Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk
pembelajaran (assessment for learning)
dan sebagai pembelajaran (assessment as
learning)
|
|
Tertulis
|
Pertanyaan dan/atau tugas tertulis berbentuk esei, pilihan ganda,
benar-salah, menjodohkan, isian, dan/atau lainnya
|
Lihat
Lampiran ...
|
Setelah pembelajaran usai
|
Penilaian pencapaian
pembelajaran (assessment of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel pekerjaan terbaik hasil dari penugasan atau tes tertulis
|
|
Saat pembelajaran usai
|
Data untuk penulisan
deskripsi pencapaian pengetahuan (assessment
of learning)
|
d. Keterampilan
No.
|
Teknik
|
Bentuk Instrumen
|
Contoh Butir Instrumen
|
Waktu Pelaksanaan
|
Keterangan
|
|
Praktik
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
|
Produk
|
Tugas (keterampilan)
|
Lihat Lampiran ...
|
Saat pembelajaran
berlangsung dan/atau setelah usai
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
|
Proyek
|
Tugas besar
|
Lihat Lampiran ...
|
Selama atau usai pembelajaran
berlangsung
|
Penilaian untuk, sebagai,
dan/atau pencapaian pembelajaran (assessment
for, as, and of learning)
|
|
Portofolio
|
Sampel produk terbaik dari
tugas atau proyek
|
|
Saat pembelajaran usai
|
Penilaian untuk
pembelajaran dan sebagai data untuk penulisan deskripsi pencapaian
keterampilan
|
2. Pembelajaran Remedial
Tulis kegiatan pembelajaran remedial antara
lain dalam bentuk:
•
pembelajaran ulang
•
bimbingan perorangan
•
belajar kelompok
•
pemanfaatan tutor
sebaya
bagi peserta didik yang belum mencapai
ketuntasan belajar sesuai hasil analisis penilaian.
3. Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisis penilaian, peserta didik
yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran pengayaan
untuk perluasan dan/atau pendalaman materi
(kompetensi) antara lain dalam
bentuk tugas mengerjakan soal-soal
dengan tingkat kesulitan lebih tinggi,
meringkas buku-buku referensi dan mewawancarai narasumber.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar